Sabtu, 05 Juni 2010

fisika

setiap uas dari sd sampe smp, gue ga pernah buntu dalam mengerjakan soal apapun. entah itu mat, fis, kim, bio ataupun ips sekalipun. sekarang? hem, patut dipertanyakan kenapa gue ngepost kayak beginian. oke, gue mau verita tentang pelajaran yang udah gue kenal dari gue umur 4 tahun sampe sekarang gue berumur 16 tahun. yak, fisika. itulah namanya. nama pelajaran yang selalu buat gue stuck, useless, hopeless, sedih, senang, marah, atau bangga sekalipun. well, setelah masuk sma gue baru ngerasain kalau fisika itu ga segampang yang gue bayangin waktu sd sampe smp. dulu, gue selalu berpikir kalau fisika itu gampang, cetek, sakiceup juga jadi. jaman smp, setiap gue baca daftar nilai yang babeh gue bawa, anak-anak didikannya kebanyakan mendapat angka merah. jarang banget gue liat ada yang dapet 100. ada yang dapet 80 dan 90an tapi itu bisa diitung jari. dulu, gue menganggap mereka itu aneh dan bodoh. masa fisika doang ga bisa?

nah, sekarang gue mulai ngerti kenapa fisika itu menjadi sesuatu hal yang menakutkan bagi kebanyakan anak sma. ternyata, fisika itu ga semudah yang gue bayangkan dulu. sekarang, fisika juga yang menjadi hal yang selalu bikin gue takut unutk menghadapinya. sekarang, gue udah ga berani untuk belajar fisika lagi. kenapa? karena gue selalu merasa gue ga bisa ngejar itu semua. logika gue ga sampe dan otak gue juga ga kuat untuk menghadapi itu semua. setiap gue tanya orang lain, "lu belajar apa fisikanya?". mereka selalu jawab listriklah, optiklah, apalah, intinya beda banget sama apa yang gue terima di sekolah. emang, gue ngerti kalau sekolah gue itu beda banget sama sekolah lain. kurikulumnya juga beda. tapi, kenapa sih hal yang bikin gue mati kutu itu adalah seorang fisika? gue sama sekali ga ngerti fisika. ngerti, dikit banget. padahal, si babeh itu jago benjeeeeeeeeets fisikanya dan bisa dibilang guru senior fisika. hem. gue jadi ngerasa malu-maluin si babeh. maafin ya beeeh :-(

emang sih, gue juga dulu salah strategi karena gue ga nanya apa yang gue ga ngerti di fisika. tapi, setiap gue mau nanya, si babehnya lagi sibuklah, ada kerjaanlah, atau berbagai macam halangan yang bikin gue ga bisa nanya. nah, bagian si babeh guenya free, guenya yang punya banyak prlah, banyak tugaslah, maleslah, atau apaun yang bikib gue males dan takut unutk nanyain fisika. hem semakin sedihlah gue kalau nginget-nginget gimana gue belajar fisika, apalagi kalau belajar fisika sendiri. gue cuma bisa ngerjain beberapa soal, kalo ga bisa sih cuma ngeliatin soal sambil bingung, kalo udah stres ngerjain soal gue corat-coret di buku diary, kalo udah frustasi banget gue cuma bisa nangis. dan kalau gue udah ga kuat neghadepinnya, obat termujarab gue kalau ngehadepin soal fisika adalah tidur. hehehe

sekarang sih, gue cuma bisa berharap kalau guru fisika gue ngasih nilai lulus kkm dan gue berharap gue bisa masuk ipa. terus, gue bisa meneruskan cita-cita gue unutk kuliah di hi-unpad atau hi-unpar untuk menjadi seorang duta besar untuk indonesia. amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar